--> Skip to main content
THEATER MODE

Sejarah Origami Pengertian dan Manfaatnya

Sejarah tentang origami

Origami bunga

Origami sudah dikenal ketika manusia mengetahui berbagai kegunaan kertas. Orang-orang dari negeri cina yang pertama mengenal origami yang bernama Ts'ai Lun. Waktu kitu kertas dibikin dari bubur tumbuh-tumbuhan sehingga dalam pembuatannya pun menjadi lebih mudah. Ts'ai Lun pun pada akhirnya mulai terinspirasi membikin kreasi-kreasi dari bahan kertas ini. Sample origami ini dapat kita lihat pada tongkang cina. Pada saat ini Origami menjadi permainan wajib playgroup, sekolah-sekolah dasar yang modern serta tanam kanak-kanak.

Anda dapat membikin beraneka macam origami bersama anak-anak didik atau anak anda dirumah anda. Misalnya membikin bentuk amplop, boneka,perahu, pesawat, binatang dan lain lain. Banyak sekali bentuk variasi dari origami ini. Kita dapat menggunakan kertas polio atau kertas HVS polos dalam membuat seni lipat kertas ini.

Dalam dasarnya menggunakan kertas apa saja pun jadi untuk mengawali permainan. Dengan begitu pendidikan seni lipat kertas ini bisa anda terapkan dan diplajari pada anak-anak semenjak dini, agar menjadikan anak bisa lebih pintar dan kreatif.

Pengertian Origami
Banyak yang telah tahu arti dari Origami ini yakni Seni melipat kertas, yang berasal dari sakura yaitu jepang, sejak dikenalkannya sekitar tahun 1900-an, banyak yang telah bisa membuat seni melipat kertas ini. Yang sangat banyak menghasilkan sebuah karya seni origami ini adalah seorang yang bernama Akira Yoshizawa, Dia lahir pada tanggal 14 maret 1911 dan meninggal pada bulan 14 maret 2005. Beliau sudah banyak menciptakan lebih dari 50.000 model hasil lipatan kertas dengan berbagai macam dan ragam yang berbeda dan unik tentunya.

Banyak yang bertanya mengapa seorang akira Yoshizawa bisa dengan mudah membikin banyak lipatan kertas, karena katanya dari definis Origami itu sendiri yang terdiri dari dau suku katata yakni Ori artinya Melipat dan Kami artinya kertas maka jika kita gabung menjadi origami yang memiliki makna seni melipat kertas.

Sebab seringnya kertas dilipat, maka beliau membuat istilah baru mengenai Origami saya lebih mendefinisikannya kaya gini Ori artinya Original dan Kami artinya Kagak mikir, Jadi Origami ini yaitu pikiran yang orginal atau asli dan datang dengan sendirinya tanpa harus berpikir dahulu atau dengan kata lain spontanis., Oleh sebab itu setiap yang ada pada seni melipat kertas ini merupakan sesuatu yang murni dan asli tanpa dipengaruhi oleh pikiran siapapun, Sehingga hasilnya pun memiliki keaslian nilai yang cukup tinggi. Oleh sebab itu tidak heran Akira Yoshizawa bisa menhasilkan banyak karya seni dari melipat kertas ini dengan sangat original dan bagus.

Perkembangan Origami di Indonesia
Perkembangan Origami di Indonesia sendiri Seni lipat kertas ini boleh dikatakan memiliki tempat khusus bagi setiap penggemarnya. Sejak taman kanak-kanak bahkan sekarang mungkin mulai dari Play group, pelajaran seni origami sudah mulai di perkenalkan, dimulai dengan melipat kertas menjadi pesawat, hewan, bunga sampai membuat kipas. Beranjak dewasa ,seni origami ini tidak lagi diajarkan disekolah, sehingga lambat lain orang dengan sendirinya melupakan seni melipat kertas ini. Akan tetapi diluaran, Seni lipat kertas justru lebih berkembang pesat, bahkan menjadi nilai tersendiri yang bernilai seni tinggi.

Seni origami memerlukan ketelitian, ketekunan serta kesabaran. Kita bisa menciptakan berbagai bentuk sesuai dengan kemauan melalui teknik dasar maupun mahir origami. Tak perlu dipungkiri bahwa seni melipat kertas ini sangatlah menyenang, karena tidak hanya anak-anak, orang tua pun banyak yang menyukai seni origami yang berasal dari jepang ini. Sehingga tidak heran menjadikan origami sebagai sebuah seni kerajinan yang berkembang pesat di dunia. Disamping menyenangkan, ternyata seni kertas ini mempunyai banyak yang manfaat yang luar biasa dalam meningkatkan motorik halus anak serta kreativas yang berdampak positif pada perkembangan otak.

Manfaat Origami Bagi seseorang
Mengenalkan seni lipat kertas pada anak sangat dianjurkan sekali, karena banyak sekali manfaat origami bagi anak usia dini, berikut ini yang melatar belakangi mengapa origami sangat bermanfaat bagi anak  dan orang dewasa .Berdasarkan hasil penelitian bahwa seni origami ini memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa, berikut ini ada 10 manfaat seni lipat kertas yang perlu diketahui :
1.       Membentuk kemampuan motorik pada kedua tangan yang lebih sempurna
2.       Dapat meningkatkan kemampuan daya kreatif seseorang
3.       Meningkatkan kemampuan intelektual seseorang
4.       Merangsang kinerja otak kiri dan kanan menjadi seimbang
5.       Meningkatkan daya imajinasi
6.       Meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi dengan memusatkan perhatian
7.       Daya ingat menjadi lebih meningkat kemampuannnya
8.       Melatih kesabaran
9.       Memberikan pengalaman estetis dan emosional seseorang
10.   Membuat seseorang dapat lebih menghargai kepuasan, kenikmatan dan kebanggan akan hasil karyanya

Origami katak

Itulah sekilas mengenai pengertian dan sejarah singkat origami serta manfaat yang bisa kita ambil dalam melakukan seni melipat kertas ini. semoga bermanfaat.

Open Comments

You Might Also Like: