--> Skip to main content
THEATER MODE

Mengenal Jenis Kertas Origami dan Tingkatannya

origami burung

Sebelum mengenal dan mempraktekkan seni origami kali ini Kerajinan kertas origami alangkah baiknya kita mengenal dahulu jenis-jenis kertas origami yang mana kertas menjadi hal yang paling utama dari sebuah penciptaan karya melipat kertas menjadi sebuah karya seni. Banyak kertas yang kita bisa pakai dalam membuat origami, baik itu membuat origami bunga, origami kupu-kupu, origami binatang ataupun origami pesawat. Berikut ini adalah jenis-jenis kertas yang biasa kita jadikan cara buat origami antara lain

1. Kertas Washi 
Kertas washi merupakan kertas origami khas dari negara jepang yang berkualitas tinggi. 
Kertas ini tidak diproduksi secara besar-besaran seperti hal nya kertas-kertas lainnya. Hal ini karena bahan untuk membuat kertas washi ini sudah begitu langka dan sulit ditemukan. Kertas ini dibuat tidaklah menggunakan mesin melainkan memakai teknik-teknik tradisional dari jepang dengan menggunakan tangan, dan oleh sebab itu tidak heran kalau kertas washi ini sangat mahal. Kertas washi sangatlah berbeda dengan kertas origami lainnya, Kertas ini sepertinya dikhususkan untuk seni melipat dan kertas washi ini biasanya digunakan oleh seniman origami yang sudah sangat ahli.


2. Kertas Chiyogami 
Kertas Chiyogami motifnya hampir mirip dengan washi, akan tetapi tetapi chiyogami  memiliki motif yang tersendiri dan unik menjadi pembeda dengan motif yang lainnya, kadangkala pada kertas ini suka ditambahkan aksen warna emas pada motifnya yang membuat kertas ini menjadi lebih indah dan bagus

3. Kertas Motif atau Kertas Polos 
Kertas polos untuk origami ini biasanya terbuat dari kertas HVS ( kertas biasa ) yang diberikan warna agar lebih menarik dan menyerupai kertas-kertas origami seperti chiyogami dan washi.

4. Kertas Emas 
Di indonesia kertas emas ini masih jarang ditemukan. Kertas ini belumlah khusus diproduksi untuk kertas origami, Sehingga untuk menggunakannya kita harus memotong sendiri kertas emas tersebut. Di samping itu kualitas dari kertas emas ini masih belum bagus.

Tingkatan Origami 


Di lihat dari sejarah origami, seni melipat kertas ini terbagi menjadi 3 tingkatan berdasarkan dari bentuk lipatannya, yaitu tingkatan dasar, tingkat menengah dan tingkat lanjutan.

1. Tingkat Dasar
Tingkat ini ditujukan untuk para pemula yang mulai mengenal cara origami dan teknik origaminya pun masih sederhana dan bentuk-bentuk dari origami pun hanya sebatas bentuk awal untuk membentuk sesuatu. 

2. Tingkat menengah

Pada tingkat menengah, anak-anak akan dilatih mengenai keutamaan dalam melipat kertas. Dimana pada tingkat menengah mengedepankan ketelitian untuk dipergunakan karena bentuk lipatan kertas yang di buat mulai lebih kompleks lebih mendetail. 
Membuat bunga dari kertas merupakan hal yang sering di ajarkan dalam tingkatan ini, selain itu bentuk kupu-kupu dan burung menjadi yang favorit dalam tingkat menengah ini 

Tingkat Lanjutan (Advanced) 

Pada tingkat lanjut ini cara membuat origaminya pun lebih sulit, jenis-jenis lipatan kertas yang dibuat begitu sangat sulit karena tidak lagi mengacu pada bentuk-bentuk yang biasa seperti bunga kertas yang berada pada tingkat menengah, akan tetapi bisa dalam bentuk robo atau membuat origami 3D ( Tiga dimensi ) yang sangat beragam dan mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. 
Nah sekarang kita pun sudah tahu jenis-jenis kertas dan tingkatan dalam origami. Terima kasih semoga bermanfaat ya.


Open Comments

You Might Also Like: